« Home | Spicy Story : Adin & Alyssa want to be ... » | Alyssa : Rainy Day with Ayah » | Alyssa : Trial at Cendekia Leadership School » | Adin : Trial at Cendekia Leadership School » | Gardening Project (1) » | Alyssa's Kindergarten Trial at Sunshine » | Acha 4 months old » | Alyssa's Hair Style » | Spicy Story : Alyssa - Cow in the kitchen » | Spicy Story : Adin - Marriage plan »

Alyssa : Trial at Padi

PADI adalah rumah bermain untuk anak usia 2-6 tahun (kelas lintas kelompok usia/vertical grouping). PADI menerapkan metoda Montesorri yang bernafaskan Islam dengan penekanan pada pembentukan karakter yang mulia. Karena lokasinya dekat (di Jl. Cigadung Raya Timur 106), maka trial-lah Alyssa ke sana bersama Adis dan Thoriq, seminggu yang lalu.

Pemilik PADI sekaligus gurunya bernama Bunda Julia. Beliau sempat mengajar selama 8 tahun di London dan 2 tahun di Dago Montesorri Bandung. Selain beliau, guru lainnya ada Bunda Mela dan Bunda Siti.

Karena Alyssa sampainya agak pagi, jadi Bunda sempet ngobrol dulu sama Bunda Siti, diterangkan tentang falsafah Montesorri. Di dalam ruang kelasnya yang luas, metode Montesorri terbagi dalam 5 area :

  • Area Bahasa
  • Area Stimulasi Indra
  • Area Keterampilan Hidup
  • Area Peradaban dan Budaya
  • Area Matematika
Setiap area tersusun dalam 2 rak berisi sarana pengajaran. Penyusunan sarana belajar tersebut bertingkat dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah, mulai yang mudah sampai yang sulit. Anak-anak secara bergantian "memainkan" sarana belajar tersebut, boleh di meja maupun di lantai.

Kemandirian juga diajarkan di sini, yaitu anak-anak harus mengembalikan mainannya kembali ke tempatnya. Begitu pula posisi kursi, harus dikembalikan seperti semula.

Jadwal Kegiatan Harian :
  • 08.30 - 08.55 Gerbang dibuka
  • 08.55 - 09.00 Bel dibunyikan, cuci tangan, masuk kelas
  • 09.00 - 09.25 Duduk bersama melingkar : kegiatan pembuka, menyanyikan lagu Selamat Datang, berdoa Al-Fatihah dan artinya, cerita pengalaman, berdoa khusus, menyanyi, membicarakan topik sesuai dengan tema kurikulum
  • 09.25 - 10.10 Kegiatan Perseorangan (Montesorri)
  • 10.15 - 10.30 Rehat, cuci tangan, makanan ringan
  • 10.30 - 11.00 Kegiatan kelompok inti terpimpin
    usia 2-3 tahun --- Selasa : seni rupa, Kamis : gabung olah tubuh
    usia 3-4 tahun --- Senin : seni rupa, Rabu : seni musik, Jumat : olah tubuh dan praktek ibadah
    usia 5-6 tahun --- Senin : seni rupa, Selasa : sains, Rabu : seni musik, Kamis : olah tubuh, Jumat : bahasa inggris dan praktek ibadah
  • 11.00-11.10 Kegiatan Penutup : absensi, berdoa, menyanyi selamat tinggal, salam

Nah, karena masih perkenalan jadi jadwalnya belum jalan 100%. Anak-anak bebas main sarana belajar yang ada di rak-rak. Alyssa milih mengayak terigu, Adis sibuk mindah-mindahin macaroni sedangkan Thoriq ngulik peternakan mini.

Sempat nih, mereka bertiga berebut komputer mainan. Seru banget... sampe Thoriq nangis kuenceng karena keukeuh mau duluan. Padahal Adis dulu gilirannya. Bunda Julia dengan lihainya mengeluarkan jurus mengangani-anak-kecil-rewel sampai akhirnya Thoriq mau diem and nunggu giliran. Ajaib...

Lho Alyssanya ke mana? Kok nggak ikut rebutan? Udah dialihkan dong perhatiannya sama Bunda Mela. Alyssa diambilin media permainan untuk memperkenalkan tanah, air dan udara sambil ngampar di lantai.

Haris dan Yahya, si kembar, tertarik dan ikut gabung ndengerin penjelasan Bunda Mela. Enak yah, kalo muridnya dikit.... jadi mereka lebih konsentrasi ke gurunya.

Abis itu, baru deh circle time dipimpin Bunda Mela. Susah juga tuh ngumpulin serombongn anak buat duduk di karpet. Yang satu udah duduk manis, yang lain masih sibuk kejar-kejaran atau masih ngulik permainan. Tapi akhirnya sukses juga semua ngumpul di karpet hijau.

Di sini semua dilatih untuk duduk di karpet hijau, TIDAK di karpet orange. Acaranya nggak akan mulai sampai semuanya sudah duduk manis di karpet hijau.

Begitu udah rapi, mulai deh nyanyi2 bangsa Baa Baa Black Sheep dan temen2nya. Alyssa, Adis dan salah seorang anak perempuan lainnya juga nyumbang lagu Balonku.

Nah, abis nyanyi2, sekarang giliran acara makan. Bunda Julia dan asistennya mulai nyiapin meja bertaplak dan kursi sebagai meja makan. Sebelum makan, anak-anak baris dulu ke kamar mandi untuk cuci tangan. Setelah itu duduk dengan rapi di kursi masing-masing.

Sebelum makan berdoa dulu. Terus mereka bergiliran ngambil nasi sama soto. Wah, anak-anak semangat banget makannya...

Kelar makan, circle time lagi buat berdoa dan yang paling rapi duduknya boleh pulang duluan. Hore...

Sebelum pulang, Alyssa sempet ngelirik ruang baca dulu trus narik-narik Bunda buat mbacain beberapa buku yang menarik perhatiannya. Ada buku gede karangannya Tony Wolf, ilustrator favoritnya Bunda sejak zaman dulu kala. Judulnya "The Night The Toys Come Alive", Waw, gambarnya oke banget...

Sebelum pulang, ada insiden kecil nih. Alyssa yang main bola bareng si Kembar, nangis karena nggak pernah dapet bola. Bolanya cuman beredar seputar Yahya dan Haris, tanpa pernah sempat bersarang di kaki Alyssa.

Lalu datanglah Adis, si pembela kebenaran (he, he...), yang ngambil sang bola pembawa masalah dan langsung dikasihin ke Alyssa. Alyssa dengan sorot kemenangan, segera ngepit sang bola dan... kabur pulang. He, he, he... ada-ada aja...

Informasi Umum

Uang Pangkal PG & TK : 2.000.000
Uang Kegiatan : 500.000
Iuran Bulanan : 300.000
Waktu sekolah :
usia 2-3 thn -- Selasa dan Kamis (08.30 - 11.00)
usia 3-4 thn -- Senin, Rabu dan Jumat (08.30-11.30)
usia 4-6 thn -- Senin - Jumat (08.30-11.30)

Assalamualaikum
Salam kenal, Bunda Nadia...
Saya Frida. Anak saya juga pernah sekolah di Rumah Bermain Padi, dari Februari - Juni 2007. Gak lama memang, tapi saya terkesan banget dengan cara pengajaran di situ.

Tapi sayang, saya putus kontak dengan Bunda Julia dll sejak kembali ke Aceh.

Maka saya mohon bantuan untuk menyampaikan salam saya untuk Bunda2 di Rumah Bermain Padi. Sekalian kalo sempat dan berkenan saya minta tolong dicarikan no HP atau email Bunda Julia.

Wassalam, Frida..Lhokseumawe, Aceh

Post a Comment
Lilypie 2nd Birthday Ticker Lilypie 5th Birthday Ticker Lilypie 6th to 18th Ticker DaisypathNext Anniversary Ticker DaisypathAnniversary Years Ticker

About me

  • I'm Nadia
  • From Bandung, West Java, Indonesia
  • I'm mom of 3 kids, enjoys reading, story telling, traveling and recently digi-scrapping. I live in Bandung - Indonesia and currently work as a part time teacher. I hope in this blog I can share my love for scrapbooking to all digi-scrapper out there. And if you like some Quick Pages, you can grab them in in my Freebies section...
My profile

Shoutbox