« Home | Bunny Bath Time » | Alyssa-ku 21 bulan » | Outing Adin ke Tangkuban Perahu » | 1 bulan Adin di TK A » | Alyssa-ku 18 bulan » | Hunting TK buat Adin (hari ketiga) » | Hunting TK buat Adin (hari kedua) » | Hunting TK buat Adin (hari pertama) »

Measles vs HFMD

Wah, Adin sakitnya parah nih... Dari hari Senin memang sudah panas dan batuk pilek, tapi pas Kamis malam pulang dari Gramedia tubuhnya panas banget. Padahal sebelum diajak ke Gramedia nggak papa. Pulangnya beroleh buku cerita raksasa sama crayon. Saking panasnya sampai bajunya dibuka sama ayah terus tidur pelukan sama ayah biar panasnya pindah. Udah serem aja, jangan-jangan DB, sebab kulit badannya agak merah-merah.

Sambil Adin tidur, Ayah dan Bunda buka-buka buku rujukan. Kira-kira sakit apa Adin? Typhus kali, soalnya panasnya naik turun... Tapi Adin makannya masih bagus, nggak ngeluh sakit perut atau mual, lemes juga nggak... biasa aja... Tapi emang Adin kalo sakit nggak rewel. Biasa aja. Jadi nggak keliatan. Nggak kaya' Alyssa kalo sakit nggak betah, rewel dan marah-marah, nangis-nangis pengen digendong terus.

Apa DB ya? Tapi kalo DB, katanya anaknya lemes luar biasa, ini biasa aja. Cuman kalo cuman mau flu biasa sih nggak mungkin soalnya suhu tubuhnya lebih tinggi dari biasanya. Udah dari Senin pula. Biasanya kalo mau flu, demamnya cuman sehari abis itu besoknya langsung pilek atau batuk. Tapi ini demamnya on off gitu. Jadi, sakit apa ya?

Mungkin campak. Soalnya campak kan disertai batuk pilek dan demamnya bisa sampai lima hari. Tapi Adin kan dah pernah imunisasi campak waktu 9 bulan. Kok masih bisa kena? Iya, mungkin imunisasi nggak 100% manjur. Masih ada kemungkinan untuk kena cuman efeknya nggak separah kalo belum diimunisasi. Campak itu kan penyebabnya virus jadi obatnya ya, sistem kekebalan tubuh harus ditingkatkan lewat makanan dan istirahat total. Sama Ayah masih didopping sama Gamat, health suplemen dari teripang emas untuk regenerasi sel yang rusak.

Jumat pagi Adin udah nggak panas, pecicilan di bawah. Bahkan sempet ikut sholat Jumat sama Aa' Asep waktu Bunda dan Ayah lagi keluar beli compo di BEC. Padahal kata teteh pas ganti baju takwa, tubuh Adin udah panas cuman dia maksa pergi. Walhasil pas Bunda pulang, Adin lagi tiduran di sofa dan badannya panas banget... Akhirnya bobonya pindah ke dalem. Dikompres air anget. Eh, Tante Iin dateng dari Jakarta sama Oom Dodo dan Dito. Kata Tante sih gejalanya kaya campak, soalnya kulitnya merah-merah.

Sabtunya, Adin mulai gatel-gatel. Dibeliin bedak sama lotion anti gatel sama ayah. Panasnya sih udah nggak begitu. Anehnya, sekarang merah-merahnya cuman di telapak tangan, kaki, pantat, sekitar penis dan kedua tepi bibirnya sariawan. Ayah curiga jangan-jangan ini bukan campak tapi HFMD (Hand Foot Mouth Desease). Terus Bunda searching deh di internet. Google, ketik penyakit mulut dan kaki. Ini hasilnya :

Penyakit tangan, kaki dan mulut biasanya cuma ringan dan disebabkan oleh virus yang disebut Coxsackievirus atau Enterovirus. Ini tidak parah dan tidak berkaitan dengan penyakit hewan yang disebut penyakit kaki dan mulut. Biasanya anak di bawah 10 tahun yang ditimpa, tapi bisa juga yang lebih besar dan orang dewasa.

Infeksi Coxsackievirus atau Enterovirus mungkin sama sekali tidak menunjukkan gejala atau hanya ringan. Bila timbul, bisa berupa lepuh yang bermula dari bintik merah kemudian menjadi bisul. Lepuhnya ada di sebelah dalam pipi, gusi, sisi lidah maupun di tangan dan kaki. Pada bayi kadang-kadang terdapat di tempat popoknya dipasang. Lepuh ini biasanya berlangsung sampai 7-10 hari dan ada kalanya si anak bisa demam sedikit, sakit tenggorokan, capai, kurang enak badan dan selama 1-2 hari mungkin tak mau makan.

Pengobatannya?
Biasanya tidak perlu diobati. Paracetamol bisa meringankan demam dan memberi kenyamanan, tapi aspirin jangan diberikan kepada anak. Jika sakit kepalanya parah atau demamnya terus, ya ke dokter.


Iya sudah, jadi kita kasih Panadol aja sama booster ScottEmulsion. Sekarang sih bintil merah di tangan dan kaki dah mengering dan sedikit hitam. Sariawannya juga udah baik, jadi mulutnya bisa mbuka lebar untuk makan. Jadi, 2 minggu Adin bolos sekolah nih. Semoga Senin besok udah bisa masuk lagi... udah di-SMS Ibu Lengga nih nanyain kabar Adin.

Untungnya Adin selama sakit nggak rewel, malah sempet-sempetnya mandi berendam di bathtub sama Alyssa. Tadinya sih cuman Alyssa doang yang pengen berendam sama bebek dan sekop plastiknya, terus Adin ngliat pengen ikutan deh dia...

Lilypie 2nd Birthday Ticker Lilypie 5th Birthday Ticker Lilypie 6th to 18th Ticker DaisypathNext Anniversary Ticker DaisypathAnniversary Years Ticker

About me

  • I'm Nadia
  • From Bandung, West Java, Indonesia
  • I'm mom of 3 kids, enjoys reading, story telling, traveling and recently digi-scrapping. I live in Bandung - Indonesia and currently work as a part time teacher. I hope in this blog I can share my love for scrapbooking to all digi-scrapper out there. And if you like some Quick Pages, you can grab them in in my Freebies section...
My profile

Shoutbox